Search This Blog

Loading...

Tuesday, March 1, 2011

Pembinaan Perilaku Anak Usia Dini

Pada usia dini sangatlah penting memberikan pendidikan watak pada anak. Pembinaan watak bukan hanya sekedar pembelajaran mengetahui tentang baik buruk atau benar dan salah. Namun lebih ke pelatihan dan pembiasaan yang terus-menerus tentang sikap baik dan buruk. Berikut ini adalah pendekatan pembinaan watak pada usia dini:

Menentukan tujuan pembinaan
Sebelum mengadakan pembinaan hendaknya kita sudah memiliki seperangkat etika yang ingin dimiliki anak-anak kita, tentunya watak-watak yang positif.

Menjadi teladan moral bagi anak-anak
Anak-anak bukanlah pendengar yang baik bagi orang tua. Tapi mereka adalah peniru ulung terhadap sikap-sikap orang tuanya. Oleh karena itu, handaknya sikap atau tutur kata kita bisa menjadi teladan yang baik bagi mereka.

 Harapan yangrealistis terhadap anak
Sebagai orang tua kita harus mau belajar tentang tahap-tahap perkembangan anak. Sehingga kita bisa memberikan pembinaan watak dan target yang sesuai dengan tahap perkembangan anak agar mereka pun lebih bisa memenuhi harapan kita.

Tunjukkan cinta tanpa syarat
Setiap anak membutuhkan perhatian, cinta, kasih sayang dan penghargaan yang positif untuk mengembangkan diri. Anak yang mendapatkan hal tersebut akan lebih mudah mengembangkan kemampuannya bersosialisasi secara sehat. Cinta tanpa syarat bukan berarti tidak boleh menegurnya ketika bersalah. Kita tetap harus menegur dan memberikan sanksi. Namun dalam memberikan sanksi, fokus kita bukan kapada anak tetapi kepada perbuatan yang dilakukannya. Jadi kita beri tahu kesalahannya sekaligus tetap menyayanginya sebagai anak.

Dukunglah harga diri anak
Dukungan bisa ditunjukkan dengan penerimaan yang baik, kasih sayang dan perhatian oleh keluarga. Hal ini bisa terwujud dengan pola asuh yang demokratis.

(sumber: Strategi pengembangan moral anak usia dini karya Dra. Dwi hardiyanti, M.Pd dan Muh.Sukiram, S.sos.I)

No comments:

Post a Comment